APPLICATION OF MONOPOLLY LEARNING TECHNOLOGY (MORNING) TO IMPROVE COOPERATION SKILLS AND MANAGEMENT OF STUDENTS IN SOCIAL STUDIES SUBJECTS
PENERAPAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN MONOPOLLY LEARNING (MORNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SERTA MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v8i1.265Abstract
Monopolly Learning memberikan dampak terhadap kemampuan kerjasama dan manajemen. teknologi pembelajaran ini digunakan untuk mengasah kemampuan kerjasama dan manajemen disamping kemampuan kognitif. Masalah yang sering dihadapi oleh siswa di SMPN 14 dengan kemampuan kognitif yang tinggi adalah kemampuan kerjasama dan manajemen. Penelitian ini dilakukan dalam tiga kali penerapan dalam materi yang berbeda-beda, yang pertama adalah pada materi kehidupan ekonomi pada masa pasca kemerdekaan, yang kedua pada materi kehidupan ekonomi pada masa orde baru, dan yang terakhir pada materi kehidupan ekonomi pada masa reformasi. Penerapan teknologi pembelajaran monopoli setiap kemampuan memiliki faktor utama sebagai penghambatnya, adaptasi menjadi faktor penghambat dalam mengembangkan kemampuan kerjasama, sedangkan dalam kemampuan manajemen faktor penghambatnya adalah hutang piutang kepada bank dan teman.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aldi Dani salam, I Nyoman Ruja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.