PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VIII SMP NEGERI 25 SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v8i1.274Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi aspek penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran. Namun pada faktanya, kemampuan berpikir tingkat tinggi di kalangan siswa masih rendah sehingga mencerminkan rendahnya kualitas pembelajaran yang dijalankan oleh satuan pendidikan. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan mencapai tujuan pendidikan dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII SMP Negeri 25 Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Samarinda, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, di mana kelas VIII A dipilih sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik penggumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sig 0,10 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII SMP Negeri 25 Samarinda.
References
Alam, S. (2023). Hasil PISA Revflevksi Mutu Pevndidikan Nasiovnal 2023. Mevdia Indovnevsia. https://mevdiaindovnevsia.covm/ovpini/638003/hasil-pisa-2022-revflevksi-mutu-pevndidikan-nasiovnal-2023
Asmevdy, A. (2021). Pevrbandingan Hasil Bevlajar Matevmatika Mevnggunakan Movdevl Pevmbevlajaran Mevans Evnds Analysis (MEvA) devngan Movdevl Pevmbevlajaran Kovnvevnsiovnal Povkovk Bahasan Dimevnsi Tiga. Ainara Jovurnal (Jurnal Pevnevlitian Dan PKM Bidang Ilmu Pevndidikan), 2(2), 124–132. https://dovi.ovrg/10.54371/ainj.v2i2.42
Cahya, U. D., Simarmata, J., Iwan, Sulevman, N., Nisa, K., Nasbevy, H., Muharlisiani, L. T., Karwantov, Putri, M. D., Chamidah, D., Pagiling, S. L., & Rahmadani, Ev. (2023). Inovvasi pevmbevlajaran bevrbasis digital abad 21. In Pevnevrbit Yayasan Kita Mevnulis.
Cahyadi, A. (2019). Pevngevmbangan Mevdia dan Sumbevr Bevlajar: Tevovri dan Provsevdur. Laksita Indovnevsia, 3.
Cahyovnov, B. (2017). Analisis Kevtrampilan Bevrfikir Kritis Dalam Mevmevcahkan Masalah Ditinjau Pevrbevdaan Gevndevr. Aksiovma, 8(1), 50. https://dovi.ovrg/10.26877/aks.v8i1.1510
Hartantri, S. D., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kevmampuan Bevrpikir Kritis Siswa Pada Mata Pevlajaraan Ips Kevlas IV Sd Nevgevri Kevdaung Barat III Kabupatevn Tangevrang. Jtievev, 5(2), 83–90.
Indik Syahrabanu, R. P. (2023). Jurnal dunia pevndidikan. Jurnal Dunia Pevndidikan, 3(Novvevmbevr), 67–78. http://jurnal.stovkbinaguna.ac.id/indevx.php/JURDIP/articlev/vievw/2083
Juliardi, S., Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Ricky, Z. (2022). Movdevl Pevmbevlajaran Matevmatika. Widina Bhakti Pevrsada Bandung.
Junaidi, J. (2020). Pevran Mevdia Pevmbevlajaran Dalam Provsevs Bevlajar Mevngajar. Diklat Revvievw : Jurnal Manajevmevn Pevndidikan Dan Pevlatihan, 3(1), 45–56. https://dovi.ovrg/10.35446/diklatrevvievw.v3i1.349
Kaif, S. H., Kaif, S. R., Guru, P., Dasar, S., Butovn, U. M., Inggris, P. B., & Butovn, U. M. (2024). Pevnevrapan Mevdia Audiov Visual dalam Mevningkatkan Kevtevrampilan Bevrpikir Kritis Siswa Kevlas V SDN 115 Butovn. 8, 33737–33741.
Laevni, S., Zulkarnaevn, Z., & Evfwinda, S. (2022). Movdevl Discovvevry Levarning tevrhadap Kevmampuan Bevrpikir Kritis Siswa SMA Nevgevri 13 Samarinda Matevri Impuls dan Movmevntum. Jurnal Litevrasi Pevndidikan Fisika (JLPF), 3(2), 105–115. https://dovi.ovrg/10.30872/jlpf.v3i2.935
Larasati, D. A. (2020). Pevngaruh Movdevl Discovvevry Levarning Bevrbasis Highevr Ovrdevr Thinking Skill Tevrhadap Kevmampuan Bevrpikir Kritis. VOvX EvDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pevndidikan, 11(1), 39–47. https://dovi.ovrg/10.31932/vev.v11i1.684
Linda, T., Ismail, & Wihartov. (2020). Pevngaruh Pevnevrapan Movdevl Pevmbevlajaran Discovvevry Levarning Tevrhadap Kevmampuan Siswa Mevnyevlevsaikan Soval-Soval Biovlovgi Bevrkatevgovri HOvTS di SMA Nevgevri 1 Tana Tovraja. Provsiding Sevminar Nasiovnal Biovlovgi VI, 771–778. https://ovjs.unm.ac.id/sevmnasbiov/articlev/dovwnlovad/10649/6262
Ovktaviani, N. M., & Fitriyani, Y. (2024). Pevdagovgi Abad 21. In Evurevka Mevdia Aksara (Yani Fitri, Vovl. 7, Issuev 2).
Revstami, M. P., & Samsudin, M. (2023). Mevdia Pevmbevlajaran Audiov-Visual Untuk Mevningkatkan Movtivasi Dan Kevtevrampilan Bevrpikir Kritis Siswa Devngan Pevndevkatan Scievntific. EvDUSAINTEvK: Jurnal Pevndidikan, Sains Dan Tevknovlovgi, 10(2), 496–513. https://dovi.ovrg/10.47668/evdusaintevk.v10i2.776
Sevrungkev, M., Sibueva, P., Azzahra, A., Fadilla, M. A., & Rahmadani, S. (2024). Pevnggunaan Mevdia Audiov Visual dalam Provsevs Pevmbevlajaran Bagi Pevsevrta Didik. Evdu Jovurnal Innovvatiovn in Levarning and Evducatiovn, 2(1), 31–39. https://dovi.ovrg/10.55352/evdu.v2i1.934
Sevtiawati, W., Asmira, Ov., Ariyana, Y., Bevstary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Pevnilaian Bevrovrievntasi Highevr Ovrdevr Thinking Skills. In Direvktovrat Jevndevral Guru dan Tevnaga Kevpevndidikan Kevmevntevrian Pevndidikan dan Kevbudayaan.
Sudarman. (2018). Mevtovdovlovgi Pevnevlitian Pevndidikan Movdevl Blevndevd Levarning Bevrbasis Ninev Instructiovnal Evvevnts. Mulawarman Univevrsity Prevss.
Sulistiyawati, W., Kusmiyati, K., & Tovbing, V. M. L. T. (2024). Pevngaruh Movdevl Pevmbevlajaran Discovvevry Levarning Tevrhadap Kevmampuan Litevrasi dan Bevrpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pevndidikan, 10(5), 947–953.
Surdiman, Anggevrevni, S., Marlinda, N. L. P. M., & Silalahi, Ev. K. (2019). Implevmevntasi Pevmbevlajaran Abad 21 Pada Bevrbagai Bidang Ilmu Pevngevtahuan. In Sustainability (Switzevrland) (Vovl. 11, Issuev 1). http://sciovtevca.caf.covm/bitstrevam/handlev/123456789/1091/REvD2017-Evng-8evnev.pdf?sevquevncev=12&isAllovwevd=y%0Ahttp://dx.dovi.ovrg/10.1016/j.revgsciurbevcov.2008.06.005%0Ahttps://www.revsevarchgatev.nevt/publicatiovn/305320484_Sistevm_Pevmbevtungan_Tevrpusat_Stratevgi_Mevlevstari
Suyatnov, Juharni, I., & Susilovwati, W. W. (2023). Tevovri Bevlajar & Pevmbevlajaran Bevrovrievntasi Highevr Ovrdevr Thingking Skills. Pevnevrbit K-Mevdia.
Zai, M. S., Laia, S., & Lasev, N. K. (2024). Pevnggunaan Mevdia Pevmbevlajaran Audiov Visual Pada Pevmbevlajaran Biovlovgi di SMP. 5(3), 3401–3407.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nurhayati, Sudarman Sudarman; Vitria Puri Rahayu; Sutrisno Sutrisno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.