PENERAPAN “MAGIC SCHOOL AI” TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DI KELAS IV SDN TANAH KALI KEDINDING I
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v8i1.276Keywords:
Motivasi, Magic School AI, Sekolah DasarAbstract
Setiap makhluk yang bernyawa membutuhkan pendidikan dan memiliki hak yang sama untuk memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya. Pendidikan merupakan proses yang membantu seseorang mengembangkan seluruh potensi dalam dirinya untuk dapat bertahan dan menghadapi tuntutan zaman. Di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) mulai banyak digunakan dalam bidang pendidikan. Belajar perlu adanya motivasi untuk memaksimalkan proses penyerapan ilmu. Variasi pembelajaran sebagai motivasi belajar diperuntukkan bagi anak-anak yang masih mengenyam pendidikan sekolah dasar, sehingga meminimalisir rasa bosan pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa Sekolah Dasar kelas IV melalui penerapan Magic School AI . Metode penelitian yang digunakan yakni metode pre-experimental design dengan desain one-shot case study . Pengumpulan data dilaksanakan selama 2 kali pertemuan dengan bantuan menggunakan lembar observasi sebagai alat ukur penilaiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Magic School AI memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari presentasi motivasi belajar siswa yang sebelumnya skor sebesar 46,88% dan setelah penerapan penerapan pembelajaran menggunakan Magic School AI meningkat menjadi 57,99%.
References
Amir, S., & Ritonga, N. A. (2024). Pengaruh Aplikasi AI terhadap Motivasi dan Keterlibatan Siswa SMP NU Medan. 07(01), 7383–7392.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Aneng Dewi Saputri, Hartono, L. H. (2016). Integrasi Tembang Pocung Dalam Pembelajaran Kooperatif Tebak Kata Pada Tema Alat Optik Untuk Mendeskripsikan Sikap Ilmiah Dan Motivasi BSikap, M., Dan, I., & Belajar, M. (2016). Integrasi Tembang Pocung Dalam Pembelajaran Kooperatif Tebak Kata Pada Tema A. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(2), 85–94. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/download/13627/7479
Arnidha, Y., Noerhasmalina, Rekawati D. (2018).Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edumath, 4(2), 45-46.
Diandaru, B. H. (2023). Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di MTs Negeri 2 Kota Semarang. Jurnal Pendidkan Widyatama, 2(2), 185–196. https://jurnal.bbpmpjateng.id/index.php/jpw/article/view/17/20
Empati, J., Hapsari, D. D., Ramadhani, G. Y., & Ikramullah, N. I. (2024). LITERATURE REVIEW : PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. 13.
Harahap, K. G. & Pradana, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education. 06(03), 17218-17219.
Hasan, M. dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media group.
Ma'fud, S., Abidin, Z. (2025). Analisis literasi ai siswa terhadap prestasi dan motivasi belajar biologi siswa tingkat menengah atas. 6(2), 844–857.
Mulyani, S. R. (2021). Metodologi Penelitian. Jawa Barat: Widina Bhakti Persada Bandung.
Oktavia, D. H., & Suseno, G. (2024). PEMANFAATAN KECERDASAN BUATAN DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA: POTENSI DAN TANTANGAN Article History. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1680. http://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.876
Putri, R. N., & Mahfudzah, K. I. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Memanfaatan Media Magic School Berbasis Artificial Intelligence ( AI ) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. 2022, 1746–1754.
Ronsumbre, S., Rukmawati, T., Sumarsono, A., & Waremra, R. S. (2023). Pembelajaran Digital Dengan Kecerdasan Buatan (AI): Korelasi AI Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1464–1474. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5761
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan 27). Bandung: Alfabeta. Halalaman 74.
Yeni, D. F., Rahmatika, D., Muriani, M., & Armi Eka Putri, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital terhadap Hasil Belajar Siswa. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(2), 93–102. https://doi.org/10.55352/edu.v1i2.571
Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Laili Samak Laili, Nika Aulia Nika , Dewi Lafayza Khaleda Zia fayza, Surfilda Dwi Atika Tika, Ikbar Ar Rohman Ikbar, Ika Dian Rahmawati Ika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.