THE INFLUENCE OF DISCOUNTS, CASHBACK, FREE SHIPPING AND FLASH SALES ON SHOPEE ON THE IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR OF STUDENTS AT BALIKPAPAN UNIVERSITY
PENGARUH DISKON, CASHBACK, GRATIS ONGKOS KIRIM DAN FLASH SALE PADA SHOPEE TERHADAP PERILAKU IMPULSIF BUYING MAHASISWA UNIVERSITAS BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v8i1.281Keywords:
DISCOUNT, CASHBACK, FREE SHIPPING, FLASH SALE, IMPULSIVE BUYINGAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh diskon, Cashback, Gratis ongkos kirim dan Flash Sale terhadap perilaku impulsif buying pada mahasiswa Universitas Balikpapan pengguna shopee. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 160 responden. Analiss data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon, Cashback, Gratis ongkos kirim dan Flash Sale secara signifikan berpengaruh, baik secara parsial maupun simultan terhadap perilaku impulsif buying. Penelitian ini memberikan wawasan baru mengenai pengaruh strategi promosi pada e-commerce terhadap perilaku konsumen.
References
Ernestivita, g., budiyanto, & sehermin. (2023). Seni digital marketing untuk meningkatkan pembelian impulsif dan compulsif. In sustainability (switzerland) (vol. 11, issue 1). Http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/red2017-eng-8ene.pdf?sequence=12&isallowed=y%0ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_sistem_pembetungan_terpusat_strategi_melestari
Kaltara.tribunnews.com. (2024). Imbas tren belanja online, ratusan tenant di mal balikpapan plaza tutup, pendapatan turun 70 persen. Kaltara.tribunnews.com. Https://kaltara.tribunnews.com/2023/10/05/imbas-tren-belanja-online-ratusan-tenant-di-mal-balikpapan-plaza-tutup-pendapatan-turun-70-persen?page=4
Kotler keller. (2021). Manajemen pemasara (diana kurnia s (ed.); ke enam). Penerbit andi anggota ikapi.
Kotler, p., & armstrong, g. (2018). Principles of marketing [global edition] by philip kotler gary armstrong. In pearson (pp. 1–734). Www.pearsongglobaleditions.com
Kurniawan johannes. (2021). Faktor cashback dalam penggunaan fitur pembayaran go-pay melalui aplikasi go-jek di burger king central park. Sadar wisata: jurnal pariwisata, 4(1), 12–16. Http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/wisata
Kusumasari, indah respati. (2022). Pengaruh flash sale, diskon, dan subsidi gratis ongkir terhadap perilaku impulse buying pengguna marketplace shopee. Jurnal bisnis indonesia, vol. 13(2), hlm. 16-28. Https://doi.org/10.33005/jbi.v13i2.3446
Nastiti, r. (2020). The effect of flash sale and discount towards impulsive buying (study on shopee users). Jurnal akuntansi, manajemen dan ekonomi. Https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jame/article/view/3092
Ningrum, r. A., & widanti, a. (2023). The effect of shopping lifestyle and sales promotion on impulse buying moderated by openness to experience on shopee. International journal of management …. Https://journal.adpebi.com/index.php/ijmdb/article/view/554
Permatasari, i., mukhsin, m., & ... (2023). Pengaruh flash sale dan free shipping terhadap impulsive buying behavior dalam perspektif ekonomi islam. … kajian ekonomi dan …, 4. Https://doi.org/10.53491/oikonomika.v4i.544
Tjiptono, f. (2015). Strategi pemasaran edisi 4.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dita Rizkiyah, Sukimin Sukimin, Dwi Taufik Rohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.