PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI KESEIMBANGAN PASAR
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v8i1.293Keywords:
Model Discovery Learning, Kemampuan Komunikasi, Keseimbangan PasarAbstract
Discovery Learning adalah model pembelajaran berpusat pada siswa yang terbatas pada stimulasi refleksi diri melalui pertanyaan dan di mana siswa menemukan pengetahuan secara mandiri di bawah bimbingan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran discovery learning pada materi keseimbangan pasar dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi pada siswa sekolah menengah atas Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif serta subjek penelitian adalah guru dan 32 siswa. Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa skor kemampuan komunikasi siswa yang belajar dengan model discovery learning adalah 13 siswa dalam kategori tinggi, 10 siswa dalam kategori sedang, dan 9 siswa dalam dengan kategori rendah. Para siswa cenderung cocok dengan model pembelajaran discovery learning, karena siswa diberikan kesempatan untuk mencoba terus menerus. Ini menunjukkan bahwa para siswa cenderung telah mampu untuk mengomunikasikan hasil pemikiran mereka.
References
Adelia, D., Kustiawati, D., Musyarrofah, A., & Bina Hakim, I. (2023). Mekanisme Pasar untuk Mencapai Keseimbangan Pasar Dalam Sistem Ekonomi Islam. ETNIK: Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 2(1), 83–89. https://doi.org/10.54543/etnik.v2i1.142
Al Aliyawinata, T. T., Utari, E., & Mahrawi, M. (2021). The Effect of Discovery Learning on Students’ Higher-order Thinking Skills. International Journal of Biology Education Towards Sustainable Development, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.53889/ijbetsd.v1i1.47
Ananda, P. D., Haryanto, & Atmojo, S. E. (2022). The Impact of the Discovery Learning Model on Problem-Solving Ability and Scientific Attitude of Elementary School Teacher Education Students. International Journal of Elementary Education, 6(2), 259–267. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i2.47684
Ekaputra, F. (2023). Application of Discovery Learning Model in Practical Learning to Improve Students’ Communication and Collaboration Skills. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(2), 307–311. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline1833
Rahayu, I. M. P., Nasution, N., & Mustaji, M. (2023). Development of Digital Student Worksheets with the Discovery Learning Model to Improve Collaboration Skills and Results for Elementary School Students: Literature Review. International Journal of Emerging Research and Review, 1(4), 000054. https://doi.org/10.56707/ijoerar.v1i4.54
Rahmaniah, N., & AR, R. A. (2022). Public Speaking for Student Sebagai Upaya Peningakatan Kemampuan Komunikasi Siswa SMA Negeri 1 Tinambung. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(4), 538–545. https://doi.org/10.53769/jai.v2i4.342
Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100–1107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049
Tiara, T., Istiqlallia, A., & Kantun, S. (2024). Collaboration and Communication Skills in Problem-Based Learning in Basic Tax Competencies. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 17(1), 23–34. https://doi.org/10.17977/UM014v17i1p023
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Rahmadani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.