ANALISIS PENGARUH RAGAM BARANG, LOKASI DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP MINAT BELI PUPUK DI UD. SELARAS TANI JL. BESAR TEMBUNG KECAMATAN DELI SERDANG
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v8i1.294Keywords:
Ragam Barang, Lokasi, Etika Bisnis Islam, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis minat beli melalui beberapa indicator yaitu ragam barang, lokasi dan Etika Bisnis Islam terhadap minat beli pada UD. Selasar Tani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling, teknik pengambilan data dilakukan secara incidental sampling dengan menggunakan 96 responden, yang merupakan konsumen di UD. Selaras Tani, Jl. Besar Tembung, Kecamatan Deli Serdang. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup berbasis skala Likert 5 poin, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda program SPSS Versi 25. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa ragam barang berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, Etika Bisnis Islam berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli dan ragam barang, lokasi dan Etika Bisnis Islam berpengaruh secara simultan terhadap minat beli.
References
Alvian, M. S., & Prabawani, B. (2020). Pengaruh Sales Promotion Dan Keragaman Produk Pada Shopee Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 191–200. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27296.
Budi Dharma & Ahmad Muhaisin B Syarbaini. (2022). Perancangan Mitigasi Risiko Krusial Pada UMKM Keripik di Sumatera Utara Dengan Pendekatan Transdisipliner. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6 (01). 107-124.
Chasanah, E. S. (2018). Analisis pengaruh keragaman produk, promosi penjualan serta kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan breadtalk blu plaza. Repository.Uinjkt.Ac.Id.
Dila Wandasari, & Aqwa Naser Daulay. (2023). Analisis Value For Money Dalam Mengukur Kinerja Keuangan. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(4), 86–96. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i4.2155
Fure, H. (2014). LOKASI, KEBERAGAMAN PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI PADA PASAR TRADISIONAL BERSEHATI CALACA. Journal of Clinical Oncology, 32(27), 3083. https://doi.org/10.1200/JCO.2014.56.8501
Gama, I. G. M., Oktaviani, R., & Rifin, A. (2017). Analisis Kepuasan Petani terhadap Penggunaan Pupuk Organik pada Tanaman Padi. In Jurnal Agro Ekonomi (Vol. 34, Issue 2, p. 105). Indonesian Agency for Agricultural …. https://doi.org/10.21082/jae.v34n2.2016.105-122
Halwani Aswida, Diyan Yusri, & Anjur Perkasa Alam. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Pasar Tanjung Pura. EKSYA : Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 189–208. https://doi.org/10.56874/eksya.v3i1.743
Imsar, I., Nurhayati, N., Harahap, I., & Silalahi, P. R. (2024). the Impact of the Halal Industry and Islamic Financial Assets on Indonesia’S Economic Growth Using the Vector Autoregression (Var) Approach. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 8(2), 274–287. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2024.v8.i2.6299
Lestari, S., Syahriza, R., & Harahap, M. I. (2023). Strategi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas kinerja karyawan Human resource management strategies in improving the quality of employee performance. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 3(3), 720–729.
Linardi, R. L., Goh, T. S., Julitawaty, W., & Syawaluddin, S. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli pada PT. Mulia Cipta Abadi Medan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1645. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2665
Mariana, T., Suhartanto, D., & Gunawan, A. I. (2020). Prediksi Minat Beli Makanan Cepat Saji Halal: Aplikasi Theory of Planned Behavior. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 11(1), 1180–1185.
Marliyah, M., Dharma, B., & Syarbaini, A. (2023). The Maturity of Risk Management in Indonesian Islamic Universities. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 16(2), 117–125. https://doi.org/10.23969/jrbm.v16i2.7296
Nadya Rizki Mirella, N., Nurlela, R., Erviana, H., & Herman Farrel, M. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi: Kepuasan Pelanggan Dan Minat Pembelian: Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga (Literatur Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 350–363. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.880
Puspa, M., Arif, M., & Imsar, I. (2022). Pengaruh Modal dan Tenaga Kerja terhadap Upah Kerja Pengrajin Rotan di Kecamatan Medan Petisah Kota Medan Sumatera Utara. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 151–165. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i2.844
Ratri, W. A. E., & Budiraharjo, K. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Kaitannya Dengan Harga, Kualitas Produk dan Pelayanan di Raja Bunga Anggrek Bandungan, Kabupaten Semarang. … Ilmiah Ilmu-Ilmu ….
Revalia Luthfiana. (2014). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVES YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING DALAM PEMBELIAN SECARA ONLINE (Studi Kasus pada Mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Dipenogoro). eprints.undip.ac.id.
Rondonuwu, G., & Tamengkel, L. F. (2016). Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pasar Swalayan Borobudur Manado). Jurnal Administrasi Bisnis, 4(4), 1–8.
Sabitra, Y. R., & Wuryaningsih, D. L. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Produk Probiotik Assabioplus Di Perusahaan …. eprints.ums.ac.id.
Salim, A., & Nurdin, H. (2020). Lokasi, Kebergaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Raya Amahami (Kota Bima). Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 132–140. https://doi.org/10.30812/target.v2i1.740
Solehat, I., Muani, A., & Dolorosa, E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pupuk Npk Non Subsidi Dikecamatan Binjai Hulu Kabupaten Sintang. In Jurnal Social Economic ofAgriculture (Vol. 6, Issue 2, pp. 84–96). jurnal.untan.ac.id.
Sugihartono, J. (2009). ANALISIS PENGARUH CITRA, KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada PT. PUPUK KALIMANTAN TIMUR, Sales Representative Kabupaten Grobogan). In Program. eprints.undip.ac.id.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Syarbaini, AMB. (2022). Implemetasi Akad Syariah dalam Tradisi Arisan Uang. Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam. 8 (1). 115-133.
Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.258
Umar Bakti, H. M. S. A. (2008). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. PT Indeks Kelompok Gramedia, 1(Cara memanage pemasaran), 1.
Yasin, U., & Leksono, P. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pembelian Bibit Porang di CV. R Bagas Madiun. In Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis (Vol. 1, Issue 1).repository.unpkediri.ac.id.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Agus Kuncoro, Muhammad Ikhsan Harahap, Aqwa Naser Daulay

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.