ANALISIS PENGARUH RAGAM BARANG, LOKASI DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP MINAT BELI PUPUK DI UD. SELARAS TANI JL. BESAR TEMBUNG KECAMATAN DELI SERDANG

Authors

  • Muhammad Agus Kuncoro Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Muhammad Ikhsan Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Aqwa Naser Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v8i1.294

Keywords:

Ragam Barang, Lokasi, Etika Bisnis Islam, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis minat beli melalui beberapa indicator yaitu ragam barang, lokasi dan Etika Bisnis Islam terhadap minat beli pada UD. Selasar Tani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling, teknik pengambilan data dilakukan secara incidental sampling dengan menggunakan 96 responden, yang merupakan konsumen di UD. Selaras Tani, Jl. Besar Tembung, Kecamatan Deli Serdang. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup berbasis skala Likert 5 poin, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda program SPSS Versi 25.  Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa ragam barang berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, Etika Bisnis Islam berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli dan ragam barang, lokasi dan Etika Bisnis Islam berpengaruh secara simultan terhadap minat beli.

References

Alvian, M. S., & Prabawani, B. (2020). Pengaruh Sales Promotion Dan Keragaman Produk Pada Shopee Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 191–200. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27296.

Budi Dharma & Ahmad Muhaisin B Syarbaini. (2022). Perancangan Mitigasi Risiko Krusial Pada UMKM Keripik di Sumatera Utara Dengan Pendekatan Transdisipliner. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6 (01). 107-124.

Chasanah, E. S. (2018). Analisis pengaruh keragaman produk, promosi penjualan serta kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan breadtalk blu plaza. Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Dila Wandasari, & Aqwa Naser Daulay. (2023). Analisis Value For Money Dalam Mengukur Kinerja Keuangan. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(4), 86–96. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i4.2155

Fure, H. (2014). LOKASI, KEBERAGAMAN PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI PADA PASAR TRADISIONAL BERSEHATI CALACA. Journal of Clinical Oncology, 32(27), 3083. https://doi.org/10.1200/JCO.2014.56.8501

Gama, I. G. M., Oktaviani, R., & Rifin, A. (2017). Analisis Kepuasan Petani terhadap Penggunaan Pupuk Organik pada Tanaman Padi. In Jurnal Agro Ekonomi (Vol. 34, Issue 2, p. 105). Indonesian Agency for Agricultural …. https://doi.org/10.21082/jae.v34n2.2016.105-122

Halwani Aswida, Diyan Yusri, & Anjur Perkasa Alam. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Pasar Tanjung Pura. EKSYA : Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 189–208. https://doi.org/10.56874/eksya.v3i1.743

Imsar, I., Nurhayati, N., Harahap, I., & Silalahi, P. R. (2024). the Impact of the Halal Industry and Islamic Financial Assets on Indonesia’S Economic Growth Using the Vector Autoregression (Var) Approach. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 8(2), 274–287. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2024.v8.i2.6299

Lestari, S., Syahriza, R., & Harahap, M. I. (2023). Strategi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas kinerja karyawan Human resource management strategies in improving the quality of employee performance. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 3(3), 720–729.

Linardi, R. L., Goh, T. S., Julitawaty, W., & Syawaluddin, S. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli pada PT. Mulia Cipta Abadi Medan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1645. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2665

Mariana, T., Suhartanto, D., & Gunawan, A. I. (2020). Prediksi Minat Beli Makanan Cepat Saji Halal: Aplikasi Theory of Planned Behavior. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 11(1), 1180–1185.

Marliyah, M., Dharma, B., & Syarbaini, A. (2023). The Maturity of Risk Management in Indonesian Islamic Universities. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 16(2), 117–125. https://doi.org/10.23969/jrbm.v16i2.7296

Nadya Rizki Mirella, N., Nurlela, R., Erviana, H., & Herman Farrel, M. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi: Kepuasan Pelanggan Dan Minat Pembelian: Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga (Literatur Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 350–363. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.880

Puspa, M., Arif, M., & Imsar, I. (2022). Pengaruh Modal dan Tenaga Kerja terhadap Upah Kerja Pengrajin Rotan di Kecamatan Medan Petisah Kota Medan Sumatera Utara. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 151–165. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i2.844

Ratri, W. A. E., & Budiraharjo, K. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Kaitannya Dengan Harga, Kualitas Produk dan Pelayanan di Raja Bunga Anggrek Bandungan, Kabupaten Semarang. … Ilmiah Ilmu-Ilmu ….

Revalia Luthfiana. (2014). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVES YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING DALAM PEMBELIAN SECARA ONLINE (Studi Kasus pada Mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Dipenogoro). eprints.undip.ac.id.

Rondonuwu, G., & Tamengkel, L. F. (2016). Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pasar Swalayan Borobudur Manado). Jurnal Administrasi Bisnis, 4(4), 1–8.

Sabitra, Y. R., & Wuryaningsih, D. L. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Produk Probiotik Assabioplus Di Perusahaan …. eprints.ums.ac.id.

Salim, A., & Nurdin, H. (2020). Lokasi, Kebergaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Raya Amahami (Kota Bima). Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 132–140. https://doi.org/10.30812/target.v2i1.740

Solehat, I., Muani, A., & Dolorosa, E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pupuk Npk Non Subsidi Dikecamatan Binjai Hulu Kabupaten Sintang. In Jurnal Social Economic ofAgriculture (Vol. 6, Issue 2, pp. 84–96). jurnal.untan.ac.id.

Sugihartono, J. (2009). ANALISIS PENGARUH CITRA, KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada PT. PUPUK KALIMANTAN TIMUR, Sales Representative Kabupaten Grobogan). In Program. eprints.undip.ac.id.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Syarbaini, AMB. (2022). Implemetasi Akad Syariah dalam Tradisi Arisan Uang. Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam. 8 (1). 115-133.

Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.258

Umar Bakti, H. M. S. A. (2008). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. PT Indeks Kelompok Gramedia, 1(Cara memanage pemasaran), 1.

Yasin, U., & Leksono, P. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pembelian Bibit Porang di CV. R Bagas Madiun. In Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis (Vol. 1, Issue 1).repository.unpkediri.ac.id.

Downloads

Published

2025-06-01

Issue

Section

Articles