Pengembangan Instrumentation Penilaian Berbasis HOTS Berbantu Aplikasi That Quiz

Authors

  • Dian Eka Amrina Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya
  • Dwi Hasmidyani Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Edutivia Mardetini Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Fitriyanti Fitriyanti Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v8i1.298

Keywords:

Instrumen, Penilaian, HOTS, That Quiz

Abstract

Peserta didik kelas X di SMA N 10 Palembang masih belum terbiasa dengan instrumen penilaian berbasis HOTS dan berbantu aplikasi That Quiz, terlihat dari 7% soal yang diberikan masih terkategori level kognitif analisis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian berbasis HOTS berbantu aplikasi That Quiz yang teruji validitas dan praktikalitasnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan Borg dan Gall, dengan sampel penelitian sebanyak 15 orang peserta didik kelas X di SMA N 10 Palembang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang di analisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan terkategori sangat valid oleh para ahli materi 98,61%, bahasa sebesar 87,5%, dan ahli media sebesar 96,56%. Berdasarkan analisis butir soal diperoleh 9 soal pilihan ganda dan 2 soal uraian untuk pertemuan 1 pada materi kelangkaan dan pada Pertemuan 2 dengan materi biaya peluang diperoleh 8 soal pilihan ganda dan 2 soal uraian yang terkategori valid, reliabel serta memiliki tingkat kesulitan soal dan daya beda soal yang baik. Selain itu, hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan terkategori praktis sebesar 72%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian berbasis HOTS berbantu aplikasi That Quiz teruji valid dan praktis untuk digunakan dalam pengukuran efektifitas instrumen.

References

Amrina, D. E., Deskoni, D., & Mardetini, E. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Pada Mata Kuliah IPS. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 7(2), 128-140.

Amrina, D. E., Hasmidyani, D., & Mardetini, E. (2022). Analisis Kebutuhan Instrumen Penilaian HOTS Berbantu Aplikasi That Quiz. Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 169-180.

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., & dkk. (2023). Taksonomi Anderson et.a (Revisi atas Taksonomi Bloom et.al). Retrieved Juni 2023, from Academia: https://www.academia.edu/94704916/Taksonomi_Anderson_Revisi_atas_Taksonomi_Bloom

Fahri, J., & Setyaningrum, V. (2023). Analisis kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Materi Volume Bangun Ruang. J-PiMat, 5(1), 743-754.

Fathan, A., Suharti, S., Yuliany, N., & Hasrianti, A. (2024). Perbandingan Media Evaluasi Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Jahoot pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Mamuju. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1853-1864.

Fatmawati, T., Jaya, A., Rasid, R., & Abubakar, A. (2025). Transformasi Pendidikan Dasar melalui Kurikulum Merdeka: Analisis Dampak pada Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 7(1), 14-30.

Hariani, F., Tahir, M., & Oktaviyanti, I. (2023). Analisis Kesulitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 12 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 119-124.

Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz. EFISIENSI-Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105-124.

Hidayah, N., Ngabiyanto, N., & Wadiyo, W. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Rekayasa Teknologi dalam Penguatan Keterampilan 4C pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 234-248.Hulaipah, A., Syukri, M., & Indraswati, D. (2023). Analisis Kesulitan Guru Kelas IV dan V dalam Menyusun Soal HOTS Pada Mata Pelajaran IPAS di SDN 2 Perampuan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2450-2460.

Kuncahyono, K., Suwandayani, B. I., & Muzakki, A. (2020). Aplikasi E-Test "That Quiz" Sebagai Digitalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Indonesia Bangkok. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 153-166.

Ningsi, A., & Shaleh, S. (2024). Problematika Penerapan Asesmen Berbasis HOTS di Sekolah Dasar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(3), 447-455.

Pusparini, F., & Mistiani, L. (2023). Profil Kemampuan HOTS Siswa SMP Plus Ma'arif NU Ciamis pada Pelajaran Biologi. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 150-160.

Putri, R. S., Sanjaya, W., & Fitria, Y. (2023). Penyusunan Instrumen Penilaian HOTS dalam Pembelajaran IPSD Sekolah Dasar. Jurnal ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(2), 1318-1322.

Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55-66.

Sulaiman, W. A., & Febrianta, Y. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD melalui Model Problem Based Learning. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 9(2), 93-104.

Wahidmuri, W., Marandy, Y. S., & Hani'ah, Z. (2021). Demografi dan Kompetensi Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Berbasis High Order Thinking Skills Guru Ilmu Pengetahuan Sosial. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(1), 90-103.

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan, dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230.

Downloads

Published

2025-06-01

Issue

Section

Articles