PERAN WALI KELAS, BIMBINGAN KONSELING DAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 7 BALIKPAPAN

Authors

  • Masniari siregal universitas balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v2i1.34

Keywords:

Wali Kelas, Guru Bimbingan Konseling, Orang Tua, Pendidikan Karakter.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran wali kelas, guru bimbingan konseling dan orang tua dalam membentuk pendidikan karakter di SMA Negeri 7 Balikpapan. Analisis data menggunakan triangulasi data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan peran wali kelas dengan menerapkan disiplin di kelas dengan sangsi yang mendidik, memberikan teladan dan melakukan pendekatan kepada orang tua dan siswa dengan membuat program-program yang bersifat mendidik. Peran Guru Bimbingan Konseling dengan mendukung program-program sekolah seperti peningkatan disiplin siswa, dan peningkatan kegiatan keagamaan dengan melakukan pendekatan-pendekatan yang disesuaikan dengan karakter siswa dan juga pendekatan kepada orang tua untuk mengatasi masalah yang terjadi pada siswa. Peran orang tua dengan memulai pendidikan agama di rumah seperti sholat-mengaji, mengajarkan anak untuk bersikap jujur, rajin belajar dan bekerjasama dengan pihak sekolah dalam mengatasi masalah yang terjadi pada anak.

References

Abidin Ibnus Rusn, 2009, Pemikiran Al-Ghazali Tentang pendidikan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Ahmadi Abu, 2010, Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, Jakarta , PT. Pustaka

Ahmad Syarif dkk, 2011, Implementasi Pendidikan Karakter di SMK Berbasis Pesantren Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang, Jurnal Pendidikan Karakter, Volume 7 No. 5, diakses : 12 Juli 2018

Anwar, Sanusi. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan formal 2007
Eva Imania, 2013, Peran Bimbingan dan Konseling Dalam Pendidikan Karakter Siswa (Kajian Psikologis Berdasarkan Teori Sistem Ekologis), Jurnal Pendidikan Bimbingan Konseling Vol. 12 No. 6, diakses : 16 Agustus 2018

Guba, 2010, The Paradigma Dialog, Newbury Park

Gunarsa Singgih D. 2006, Psikologi untuk Keluarga, Jakarta : Gunung Mulia

Jarvis Via Yamin, 2007, Teori-teori Psikologi : Pendekatan Modern untuk Memahami Perilaku, Perasaan dan Pikiran Manusia, Bandung, Nusa Media

Kartini Kartono, 2010, Peranan Keluarga Memandu Anak, Sari Psikologi Terapan, Jakarta : Rajawali Press

Kemendiknas, 2010, Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama, Jakarta, Direktorat PSMP Kemdiknas

Kertajaya, 2010, Pendidikan Karakter, Jakarta, Kompas Gramedia

Koesoema A. Doni, 2007, Pendidikan Karakter Strategi Pendidikan Anak di Zaman Global, (Jakarta: Grasindo

Lickona, 2014, Educating for Character : Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab, Bandung, Bumi Aksara


Moleong J Lexy, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya

Miles dan Huberman, 2013, Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP

Mulyasa, 2007, Peranan Guru Dalam Pembelajaran, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Nasution, 2006, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Notoatmodjo Soekidjo, 2012, Ilmu Kesehatan Masyarakat, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Prayitno dan Erman Amti, 2012, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta

Romayah Nur Puspitasari, 2017, Peran Wali Kelas Sebagai Bimbingan Konseling Menanamkan Karakter Disiplin dan Jujur Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 2 Kadipiro Tahun Ajaran 2016/2017, Jurnal Bimbingan Konseling Vol. 3 Hal. 73-75

Sardiman, 2009, Media Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada

Sofan Amri, dkk, 2011, Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam. Kelas: Metode, Landasan Teoritis-Praktis dan Penerapannya. Jakarta: PT. Prestasi. Pustakaraya

Sri Hartini, 2011, Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru di MTs Negeri Kabupaten Klaten, Journal Basic Of Education, Vo. 02 No. 02, ISSN : 2548-0002

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R dan D, Bandung, Alfabeta

Sukardi Dewa Ketut, 2008, Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Suparlan, 2008, Wawasan pendidikan: Sebuah Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia

Suyanto, 2009, Menjadi Guru Profesional strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di Era Global, Jakarta : Erlangga

Takdiroatun Musfiroh, 2008, Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo

Tri Aulia Rahmawati, 2016, Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Membentu Karakter Siswa di MTs. Negeri Yogyakarta II, Digital Library UIN Sunan Kalijaga

W.S Winkel, 2004, Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan, Jakarta: PT. Grasindo
Zuriah, 2013, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, Jakarta, PT. Bumi Aksara

Beck, A. T. (1993). Cognitive Therapy:
Past, Present, and Future. Journal of Consulting and Clinical

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles