PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SANTRI TAHFIDZ MASJID ISTIQAMAH BALIKPAPAN UNIVERSITAS BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v2i1.36Keywords:
motivasi meghafal Al-Qur’an, kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional.Abstract
Penelitian ini berusaha menguji serta mendapatkan bukti empiris mengenai pengaru kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap motivasi dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari responden secara langsung. Sampel dari penelitian ini adalah Santri Tahfidz Masjid Istiqamah Balikpapan . Pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh atau sampel populasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap motovasi menghafal Al-Qur’an. Variabel indipenden dalam penelitian ini terdiri dari kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional. Sedangkan variabel dependen-nya adalah motivasi menghafal Al-Qur’an.
References
Menghafal Al-Qur’an. Bandung: Sinar Baru.
Agustin, Ary Ginanjar. (2001). Rahasia
Sukses membangun kecerdasan Emosi dan Spiritual.ESQ : Emotional Spiritual Quoention berdasarkan 6 rukun Iman dan 5 Rukun Islam,jakarta: Arga Wijaya Persada.
Amaryllia Puspitasari. (2009). Emotional
Intelligent Parenting. Jakarta: PT. Elex Media Komputinto.
Arikunto, Suharsimi (2006) Uji Validitas dan Reliabilitas. Tersedia online di http://dataolah.blogspot.co.id/2012/03/uji-validitas-dan-reliabilitas.html diakses pada tanggal 2 November 2017
Baduwailan A. (2016). Tips dan Motivasi Menghafal Al-Qur’an.Solo: Aqwam.
Casimin.(2007).emotionalparenting.
Yogyakarta
Golemen, D. (2006). Kecerdasan
intelligence.Jakarta:Gramedia Pustaka
Debdikbud. (1999) Penelitian tindakan
kelas. Jakarta: Proyek Pengembangan.
Debdikbud. (2001).Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Fadli , Roni .(2013). Pengaruh kecerdasan
emosional terhadap prestasi belajar
siswa kelas XI IPS SMA Budi Satrya Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Hamalik, Oemar.(2003). Kurikulum Berbasis
Kompetensi. Bandung : Bumi
Aksara.
Hamalik, Oemar.(2005). Metode
Pengajaran Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Hasan, M.I.(2001). Pokok-Pokok Materi
Statistik 2 (9th). Jakarta : Bumi aksara.
Mardiyati N.A.U. (2017). Hubungan Antara
Kecerdasan Emosional Dengan
Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VIII di MTs Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Surakarta. Jurusan Pendidikan Agama Islam.
Muhibbin Syah. 2000. Psikologi
Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:Remaja
Munandir. (2001).Pengertian kecerdasan
spiritual.(online).
Munandir. (2007). Belajar Mudah
Penelitian. Bandung : Alfabeta Rineka Cipta.
Munawir. (2017). Pengaruh Pemberian
Motivasi Terhadap Semangat Hafalan Al-Qur’an Siswi Kelas X Agama 2 MADRASAH ALIYAH AL-AMIRIYYAH Blokagung Banyuwangi Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol. IX, No 1: 116-139.Nawawi, I. (2002).Adab Pengemban Al-Quran. Jakarta: Mustaqiim
Pratiwi, F.N.D (2014). Pengaruh kecerdasan
emosional dan kecerdasan spiritual
terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP KPS Balikpapan tahun pelajaran 2013/2014. Balikpapan. Jurusan pendidikan ekonomi.
Rosadi, F.A.(2013). Pengaruh Kemampuan
Menghafal Al-Qur’an Dan Motivasi
Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ekstra Kurikuler Elektronika SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR. Yogyakarta. jurusan Pendidikan Teknik Elektronika.
Sa‟dulloh. (2008). 9 Cara Menghafal
Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Santrock. W. john, (2007), Psikologi
Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group.
Sardiman A.M. (2006). Interaksi Dan
Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT RajaGrafindo.
Sari N.I.(2017). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual
dengan Motivasi Berprestasi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak siswa Kelas VIII MTs Gundangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Surakarta. Jurusan Pendidikan Agama
Shapiro, Lawrence, E. (1997). Psikologi
lingkungan. Jakarta : Pustaka Populer Obor.
Sugiyono. (2005). Statistika Untuk
Penelitian. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2010). Pengumpulan data dan
instrumen penelitian. Tersedia online di https://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/05/21/pengumpulan-data-dan-instrumen-penelitian/ diakses pada tanggal 2 November 2017
Sugiyono, (2012). Pengumpulan data dan
instrumen penelitian. Tersedia online dihttps://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/05/21/pengumpulan-data-dan-instrumen-penelitian/ diakses pada tanggal 2 November 2017.
Suharsono. (2004). Melejitkan IQ, IE dan IS.
Jakarta : Inisiasi PressSukmadinata, N.S.(2003) Landasan Psikologi Proses Pendidikan .Bandung :
Remaja Rosdakarya.
Syamsul Yusuf. (2000). Psikologi
Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tahar,M.Surya. (2007). Kamus Praktisi
Bahasa Indonesia. Tangerang :
Scientic Pers.
Thalib Muhammad. (2012). Al-Qur’an
Tarjamah Tafsiriyah. Yogyakarta :
Ma’had An-nabawy.
Uno & Kuadrat. (2010). Mengelolah
Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta :Bumi Aksara.
Winkel, W.S. (1993). Psikologi Pendidikan
dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT.
Gramedia.
Yosep, Iyus,.(2007). Keperawatan Jiwa.
Bandung : Refika Aditama
Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan
Masa Depan. Yogyakarta: Biografi Publising.
Zohar & Marshall. (2000).SQ:Kecerdasan
Spiritual. Bandung : Nizan Pustaka.
Zohar & Marshall. (2002). SQ
Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berfikir Integralistik dan Holistik Untuk Memahami Kehidupan. Bandung: Nizan Pustaka.
https://www.statistikian.com/2013/01/uji-heteroskedastisitas.html
https://www.islampos.com/selain-muzammil-ini-5-hafidz-muda-yang-juga-miliki-suara-merdu-36773/
http://www.radarcirebon.com/orang-tua-musa-buka-rahasia-cara-didik-anaknya-sampai-hafal-alquran.html
http://www.masbow.com/2009/08/kecerdasan-spiritual.html