IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI SMA NEGERI 2 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • Trianingtyas Novri Hardiana Universitas Balikpapan
  • Casmudi Casmudi
  • Prita Indriawati

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v2i2.45

Keywords:

implementasi, pembelajaran, sistem kredit semester

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implemantasi pembelajaran berbasis sistem kredit semester di SMA Negeri 2 Balikpapan.  Jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif.  Sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif  (Miles dan Huberman). Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) SMA negeri 2 Balikpapan menerapkan 7 prinsip penyelenggaran Sistem Kredit Semester,           2) Mekanisme penyelenggaraan Sistem Kredit Semester terdapat 3 tahapan yakni tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan dan terhapan evaluasi serta monitoring.               3) SMA Negeri 2 Balikpapan telah melaksanakan persiapan pelaksanaan SKS secara baik dan matang, dan pada dasarnya pengimplementasian SKS sudah terlaksana dengan baik, namun belum terlaksana secara maksimal disebabkan terdapat berbagai kendala pengimplementasian dalam proses pembelajaran,                     4) Upaya atau solusi yang dapat di ambil sekolah untuk mengatasi kendala yang terjadi dengan memberikan pelatihan mengenai IT pada guru yang kurang dan In house traning mengenai penerapan Sistem Kredit Semester.

References

JURNAL

Abdurrahman, W. (2016). Penerapan Program Sistem Kredit Semester (SKS) Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta. Pendidikan Islam , 21-37. Vol. 7
Achamad, M. (2017). Pengembangan Pembelajaran Dengen Sistem Kedit Semester Di MTS Negeri Sumber Bungur Pamekasan. Nuansa , 140-184. Vol.14
Budi, B. S. 2014. Strategi Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013 Di SMA Negeri 2 Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologu, Antropologi. 1-20 Vol 8
Dantes, N. (2008). Sistem Kredit Semester (SKS) Dan Pembimbing Akademik (PA) Dalam Kaitan Dengan Implementasi Rintisan Sekolah Katagori Mandiri (SKM) dalam In House Training (IHT) Rintisan SKM-SMA Dwijendra Denpasar.
Desi, R., & Wildan, Z. (2016). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Dengen Sistem Kredit Semester. Manajemen Pendidikan , 191-199. Vol.25
Halimatus, S. (2012). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Sistem Kredit Semester Di SMA Negeri 2 Malang Tahun Ajaran 2011/2012. Manajemen Pendidikan , Vol 1-14.
Rahmatullah, F., & Hariyati, N. (2015). Manajemen Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester Di Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan.Vol. 1-7.
BUKU TEKS

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian . Jakarta : PT. Grasindo
Asmani, J. M. (2009). Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. Jogjakarta: DIVA Press
Chatib, M. (2012). Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa
Fadillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ginting, C. (2005). Kiat Belajar Di Perguruan Tinggi . Jakarta: PT.Grasindo.
Hamalik, O. (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara
Hawadi, R. A. (2004). Akselerasi (A-Z informasi program percepatan belajar dan anak berbakat intelektual. Jakarta : PT Gramedia Widiarsana Indo.
K.Yin, R. (2014). Studi Kasus Desai & Metode. Jakarta: Rajawali Pres .
Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis . Interes media: Bandung .
Moleong, J. L. (2017). Metoode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
Manullang, M. (2006). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gajah Mada Univesity Press.
Mulyasa, H. E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya .
Nurdin, U. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.
Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis,Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Bumi Askara
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sujarweni, V. (2014). Metodelogi Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Syaifuddin. (2006). Design Pembelajaran dan Implementasinya,.Ciputat: PT. Quantum Teacing .


UNDANG-UNDANG

Kemendikbut RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 158 tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan SKS pada Pendidikan Dasar dan Menegah.
Kemendikbut RI. (2015) .Model Penyelenggaraan SKS Direktur Pembinaan SMA Juni 2015.
Kemendikbut RI. (2014). Permendikbud nomor 160 Tahun 2014 Tentang Pemberlakukan Kurikulum tahun 2006 dan Kurikulum 2013
Kemenkumham RI. (2015). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Fokus Media.

Undang-Undang. (2003). Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

BUKU PANDUAN DARI PEMERINTAH

BSNP, B. S. (2010). Panduan Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester . Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
SMA Negeri 2 Balikpapan, P. P. (2018/2019). Panduan Pelaksanaan Sistem Kredit Semester (SKS) SMA Negeri 2 Balikpapan. Provinsi Kalimantan Timur : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2020-01-20

Issue

Section

Articles