PENGARUH SARANA PRASARANA DAN KUALITAS PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN MAKASISWA IKIP MUHAMMADIYAH MAUMERE

  • yoseph darius purnama rangga Universitas Nusa Nipa Maumere
  • imelda virgula wisang Universitas Nusa Nipa Maumere Flores NTT
  • Paulus Juru Universitas Nusa Nipa Maumere Flores NTT
Keywords: Kata Kunci : Sarana Prasarana, Kualitas Pembelajaran, dan Kepuasan Mahasiswa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara Sarana Prasarana dan Kualitas Pembelajaran Terhadap Kepuasan Mahasiswa Ikip Muhammadiyah Maumere Tahun 2019. Penelian ini menggunakan sampel sebanyak 93 mahasiswa Ikip Muhammadiyah Maumere sebagai responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah teknik proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini diketahui bahwa Y = 13.166 + 0.329X1 - 0.88X2. Bukti langsung Sarana Prasarana (X1), Kualitas Pembelajaran (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y). Dan Variabel Sarana Prasarana (X1) dan Kualitas Pembelajaran (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y) IKIP Muhammadiyah Maumere Tahun 2020.

Kata Kunci : Sarana Prasarana, Kualitas Pembelajaran, dan Kepuasan Mahasiswa

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara Sarana Prasarana dan Kualitas Pembelajaran Terhadap Kepuasan Mahasiswa Ikip Muhammadiyah Maumere Tahun 2019. Penelian ini menggunakan sampel sebanyak 93 mahasiswa Ikip Muhammadiyah Maumere sebagai responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah teknik proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini diketahui bahwa Y = 13.166 + 0.329X1 - 0.88X2. Bukti langsung Sarana Prasarana (X1), Kualitas Pembelajaran (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y). Dan Variabel Sarana Prasarana (X1) dan Kualitas Pembelajaran (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y) IKIP Muhammadiyah Maumere Tahun 2020.

 

References

5. DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari, 2005, Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan, Cetakan Kedua, Maret 2005, Alfabeta, Bandung.

___________, 2007, Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Tinggi, Bunga Rampai Strategic, Manajemen Bisnis berbasis hasil penelitian, Cetakan Kesatu, April 2007, Alfabeta, Bandung, p. 1 ± 13.

Guolla, Michael, 1999, ³Assessing the Teaching Quality to Student Satisfaction Relationship: Applied Customer Satisfaction Research in The Classroom, Journal of Marketing Theory and Practice, Summer, 1999; 7, 3;ABI/INFORM Global, University of Ottawa, p. 87 ± 96.

Panca Winahyuningsih dan Mochamad Edris (2012), Pengaruh Pembelajaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Universitas Muria Kudus, JURNAL DINAMIKA EKONOMI & BISNIS, Vol. 9 No.2 Oktober 2012, pp. 1-18.

Muafi dan Yuni Siswanti, 2007, ³Anteseden Ekuitas Merek Perguruan Tinggi: SEM dengan Pendekatan Two Step¥, Manajemen Usahawan Indonesia, no. 03, TH XXXVI, Maret, 2007, p. 27 ± 34.

Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Suryani, Tatik, 1998, ³Nilai Strategik Kesetiaan Pelanggan, Perkembangan Konsep dan Implikasi Manajemen¥, Usahawan no. 09 Th XXVII, September 1998.

Sutardji, dan Maulidyah, Sri Ismi, 2006, ³Analisis Beberapa Faktor yang Berpengaruh pada Kepuasan Pengguna Perpustakaan: Studi Kasus di Perpustakaan Balai Penelitian Tanaman Kacang-Kacangan dan Umbi-Umbian¥, Jurnal Perpustakaan Pertanian, Vol. 15, no. 2, 2006, p. 32 ± 37.

Sutino dan Sumarno, 2005, ³Pengaruh Kualitas Produk (Jasa) dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di PT.POS Indonesia Semarang 50000¥, Majalah Ilmiah Kopertis Wilayah VI, Vol. XV no. 23, April/ Mei 2005, p. 9 ± 20.

Tabachnick, B. G., and Fidell, L. S., 1996, Using Multivariate Statistics, Third Edition, Harpoer Collings College Publishers, New York.

Tjiptono, Fandy, 2005, Strategi Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 20, 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Cipta Jaya.
Published
2020-06-30
Section
Articles