PENGARUH POLA KONSUMSI DAN PENGETAHUAN EKONOMI TERHADAP MINAT INVESTASI GENERASI MILENIAL KOTA SAMARINDA

  • Ratna Fitri Astuti Universitas Mulawarman
Keywords: Pola Konsumsi, Pengetahuan Ekonomi, Minat Investasi

Abstract

Minat untuk berinvestasi seharusnya sudah dimiliki oleh generasi milenial, karena investasi adalah salah satu pilihan bagi generasi milenial untuk mengelola uang yang dimiliki dan menjamin masa depannya. Dalam melakukan investasi seseorang harus menunda kebutuhan konsumsinya untuk sementara waktu dan mengalihkan kelebihan uang yang dimiliki dalam bentuk investasi.Namun pada generasi milenial saat ini pola konsumsi cenderung bersifat konsumtif, konsumsi dilakukan tidak berdasarkan atas pertimbangan yang rasional tetapi lebih kepada kecenderungan matrealistik dan hasrat untuk memiliki barang-barang mahal. Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis pengaruh pola konsumsi terhadap minat investasi, menganalisis pengaruh pengetahuan ekonomi terhadap minat investasi dan Menganalisis pengaruh pola konsumsi dan pengetahuan ekonomi terhadap minat investasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial dengan rentang usia 20-30 tahun di Kota Samarinda. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 120 orang dengan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh signifikan positif pola konsumsi terhadap minat investasi, 2) Tidak ada pengaruh signifikan pengetahuan ekonomi terhadap minat investasi, dan 3) Ada pengaruh pola konsumsi dan pengetahuan ekonomi secara simultan terhadap minat investasi.

References

Fares, A. R., & Khamis, F. G. (2011). Individual Investors Stock Trading Behavior at Amman Stock Exchange. International Journal of Economics and Finance, Vol. 3 No. 6 page: 128-134.
Jogiyanto, Hartono. 2008. Teori Portfolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.
Juliana, Ulfah, M., & Syahrudin, H. (2013). Pengaruh Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. 50-62.
McEachern, W.A. (2001). Ekonomi Mikro. Jakarta: Salemba Empat
Mishra, P.K (2011). Dynamics of the Relationship Between Real Consumption and Investment in India . Indian Journal of Conomics and Busines. Vol.10 No. 4 page: 552-562
Mumtaz, Fahmi. (2010). Investasi: Keinginan atau Kebutuhan? Available from: http:/www.mumtaz.wordpress.com
Noor, H. F. (2009). Investasi, Pengelolaan Keuangan Bisnis dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat. Jakarta: PT Indeks.
Rahardja, P., & Manurung, M. (2002). Teori Ekonomi Makro. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sindhu, & Kumar, R. (2014). Influence of Risk Perception of Investors on Investment Decision: An Empirical Analysis. Journal of Finance and Bank Management, Vol 2 No. 2 page:15-25.
Situmorang, M., Andreas, & Natariasari, R. (2014). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Investasi di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia sebagai Variabel Moderat. JOM VEKON Vol.1 No.2, 1-18.
Suherman, Rasyidi. (2003). Pengantar Teori Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sukirno, S. (2005). Makroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sunariyah. 2006. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Tambunan, Tulus, T.H. 2001. Industrialisasi Di Negara Sedang Berkembang, Kasus Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia
Todaro. (2002). Ekonomi dalam Pandangan Modern (Terjemahan). Jakarta: Bina Aksara
Yudhistira, I. M., & Budhiasa, I. G. (2012). Analisis Pengaruh Konsumsi, Investasi, dan Inflasi terhadap Produk Domestik Bruto di Indonesia Tahun 2000-2012. E-Jurnal EP, 492-501.
Yunus, N. K., Ishak, S., & Jalil, N. A. (2010). Economic Literacy Amongst the Secondary School Teachers in Perak Malaysia. Information Management and Business Review, Vol. 1 No. 2 page:69-78.
Published
2020-06-30
Section
Articles