PENGARUH PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT. BINTANG MUTIARA CEMERLANG

THE EFFECT OF PROMOTION AND DISTRIBUTION CHANNELS ON SALES VOLUME OF PT. BINTANG MUTIARA CEMERLANG

Authors

  • Elidawaty Purba Universitas Simalungun
  • Darwin Damanik Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v3i2.63

Keywords:

Promosi, Distribusi, Volume Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Promosi dan Saluran Distrbusi terhadap Volume Penjualan PT.Bintang Mutiara Cemerlang. Populasi penelitian ini adalah biaya promosi dan biaya distribusi pada PT. Bintang Mutiara Cemerlang. Jumlah sampel yang ada dalam penelitian ini sebanyak 10 data. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas yaitu Promosi (X1) dan Distribusi (X2), dan satu variabel terikat yaitu Volume Penjualan (Y). Hasil pengumpulan data selanjutnya di analisis dengan menggunakan Regresi Linear Berganda, Uji Parsial (Uji t), Uji F (Serempak), Analisis Koefisien Determinasi dengan bantuan SPSS Versi 22 untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil uji t pengaruh variable promosi terhadap volume penjualan diperoleh nilai thitung variable promosi (8,883) berarti > t tabel (2,306) maka Ho ditolak H1 diterima berarti promosi berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan. Pengaruh variable distribusi diperoleh nilai thitung variabel distribusi (6,973) berarti .ttabel (2,306) maka Ho diitolak berarti distribusi berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan. Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung (88,780) lebih besar dari Ftabel (4,74). Dengan demikian terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variable Promosi (X1) dan Distribusi (X2) secara serentak atau secara bersama – sama terhadap volume penjualan. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R2) merupakan ukuran yang menyatakan seberapa baik (goodness of fit) dari persamaan regresi. Angka koefisien determinasi 0,962 menunjukkan bahwa 96,2% variasi variabel. Penjualan dapat dijelaskan oleh variable Promosi (X1) dan Distribusi (X2). Sedangkan 3,8% lainnya dijelaskan oleh variabel – variabel lain yang tidak masuk dalam model

References

Assauri, Sofjan, 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers
Astuti Wahyuni, 2004. Manajemen Pemasaran. Penerbit: Universitas Terbuka
Djaslim Saladin SE, 2001. Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan.Bandung: Linda Karya
Ginting Hartimbul, Manajemen Pemasaran. Penerbit: CV YRAMA WIDYA
Philip Kotler. 2004. Manajemen Pemasaran. Semarang :Erlangg
Philip Kotler dan Gary Amstrong. 2007. Prinsip- prinsip Pemasaran. Semarang
:Erlangga
Swasta, Basu dan Irawan, 2002. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta :Liberty.
Swastha,Basu 2002. Manajemen Penjualan.Yogyakarta :BPFE
Swastha Basu dan Sukotjo, 2002. Pengantar Bisnis Modern.Yogyakarta :BPFE
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2020-12-20

Issue

Section

Articles