PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Al. Wathan Ambon)

Authors

  • Amjad Salong relation

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v3i2.74

Keywords:

Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering,Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII SMP Alwathan Ambon.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-random sampling yaitu secara tidak acak, kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan kuesioner. Setalah data dikumpulkan pengolahannya dilakukan dengan analisis statistik, menggunakan uji-t SPSS v.16. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas VII1 adalah 81, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas VII3 adalah 71. Dengan nilai signifikan (Sig.2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP Al-Wathan Ambon.

Downloads

Published

2020-12-23

Issue

Section

Articles