MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DISERTAI MEDIA VIDEO PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 7 BALIKPAPAN

Authors

  • prita indriawati indriawati Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v3i2.76

Keywords:

Keaktifan ;, Active Knowledge Sharing;, Media Video;, Mata Pelajaran Ekonomi.

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Ekonomi kelas XI IPS 4 Balikpapan dengan menerapkan model pembelajaran Active Knowledge Sharing dan media Video.Tindakan kelas yang di lakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 7  Balikpapan yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan Active Knowledge Sharing dan media video dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat, terbukti dari segi visual activities meningkat 11% (presentase siklus I 51% dan siklus II 62%), mental activities meningkat 13% (presentase siklus I 67% dan siklus II 13%), listening activities meningkat 4% (presentase siklus I 74% dan siklus II 78%), oral activities meningkat 24% (presentase siklus I 67% dan siklus II 91%), writing activities meningkat 25% (presentase siklus I 64% dan siklus II 89%), motor activities meningkat 22% (presentase siklus I 75% dan siklus II 88%), emotional activities meningkat 32% (presentase siklus I 59% dan siklus II 91%). Hasil keaktifan belajar siswa sudah memenuhi kriteria sedang dengan rata-rata dari siklus I sebesar 65% dan meningkat dengan kriteria tinggi pada siklus II sebesar 89%.

 

References

Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asnia, F., Hadrli, M., & Mujamil, J. (2014). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DI SMA NEGERI 2 TANJUNG RAJA. Jurnal penelitian pendidikan kimia, 1.
Budimansyah, D. (2009). PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Bandung: PT.
Cheppy, R. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AIIPI .
Dabbagh, N, & Ritland. B. B. (2005). Online, lerning, concept, strategies and application. ohio: Peason.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, R. K., Indrowati, M., & Maridi. (2010). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Disertai Media Video Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Biologi Siswa Kelas Vii-E Smp Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011, 8.
Dimyati, & Mudjino. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Erna. (2009, januari 20). wordpres.com. Retrieved from ardaha12: http: //ardhana12.wordpress.com/2009/01/20/indikator-keaktifansiswa-yang-dapat-dijadikan-penilaian-dalam-ptk-2/)
Gintings. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2010, juli 10). Retrieved from Pengertian Aktivitas Belajar http://id.shvoong.com/tags/pengertian-aktivitas-belajar-menurutoemar-hamalik
Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blanded Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 8-19.
Tahun Pelajaran 2010/2011.
Ni'imah, F. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Disertai Media Video Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ipa Siswa Kelas VII,. Jurnal Profesi keguruan, 43-59.
Ni'mah, F. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Disertai Media Video Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas VII.
Putong, I. (2013). Economics Pengantar Mikro dan Makro. Jakarta: Mitra Wacana Media.Cet I.
Rosyidi, S. (2020, maret 23). Retrieved from Tiara Sakinah: https://www.stiepasim.ac.id/pengertian-ilmu-ekonomi-menurut-para-ahli/#:~:text=Filsuf%20asal%20indonesia%20Suherman%20Rosyidi,yang%20timbul%20di%20lingkungan%20masyarakat.
Sagala, S. (2020, februari 23). Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Retrieved from ZonaRefrensi.com: https://www.zonareferensi.com/pengertian-pembelajaran/#:~:text=Menurut%20Syaiful%20Sagala%20(2009),sedangkan%20belajar%20oleh%20peserta%20didik.
Sardiman. (1998). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Silberman. (2010). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Silberman, M. (2016). Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran Active. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sudjana, N. (2004). Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, N. (n.d.). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda.
Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswas. Jakarta: Gaung Persada Pres.
Zaini. (2007). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff).

Downloads

Published

2021-01-18

Issue

Section

Articles