ANALISIS TINGKAT KESEHATAN KOPERASI SIMPAN PINJAM CREDIT UNION DAYA LESTARI SAMARINDA

Authors

  • Noor Ellyawati Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v4i1.77

Keywords:

Tingkat Kesehatan Koperasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesehatanĀ  KoperasiĀ  Simpan Pinjam Credit Union Daya Lestari Samarinda dari tahun tahun 2018 yang beracuan pada Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor: 06/Per/Dep.6/IV/2016 tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Daya Lestari Samarinda. Jangkauan penelitian ini adalah data laporan tahunan pada tahun 2018. Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Daya Lestari Samarinda merupakan koperasi yang bergerak pada bidang pelayanan simpan dan pinjam. Kegiatan pelayanan koperasi berlangsung setiap hari kerja kecuali tanggal merah dan memiliki berbagai jenis produk simpanan maupun pinjaman.

Berdasarkan alat analisis diperoleh hasil untuk manajemen umum sebesar 100% kategori sehat, manajemen kelembagaan sebesar 100% kategori sehat, manajemen permodalan sebesar 80% kategori cukup sehat, manajemen aktiva sebesar 80% kategori cukup sehat, manajemen likuiditas sebesar 100% kategori sehat. Kesimpulan dari penelitian ini Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Daya Lestari Samarinda dikategorikan Sehat berdasarkan Predikat Tingkat Kesehatan KSP menurut Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah Republik Indonesia Nomor: 06/Per/Dep.6/IV/2016 dengan skor 92 yang berarti pelaksanaan demokrasi, kelembagaan, dan akuntabilitas dalam pengelolaan KSP Credit Union Daya Lestari Samarinda berjalan dengan baik sehingga saran untuk koperasi agar dapatĀ  terus menjaga kesehatannya dan dapat bersaing dengan lembaga keuangan lainnya

References

Rudianto. 2010. Akuntansi Koperasi. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Hasibuan, Malayu. 2012. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Feriyanto. 2015. Pengantar Manajemen (3 in 1). Yogyakarta: Mediatera

Widiyati, Ninik. 2010. Manajemen Koperasi. Cetakan X. Jakarta: Rineka Cipta.

Eindrias, Tri Dewi, Devi Farah. 2017. Analisa Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Berdasarkan Peraturan No. 6/PER/DEP.6/IV/2016. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 51 (2): 135-140.

Muljono, Djoko. 2013. Buku Pintar Strategi Bisnis Koperasi Simpan Pinjam. Yogyakarta: Andi Publisher.

Sugiyono.2017. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles