UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MIPA 1 DI SMA NEGERI 8 BALIKPAPAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Revyana Mayang Universitas Balikpapan

Keywords:

Kata Kunci : Keaktifan belajar, Hasil Belajar, Media Pembelajaran Google Classroom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran google classroom pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Balikpapan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan melakukan desain penelitian yaitu berupa adanya perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dengan dua tahap siklus. Dimana hasil dari siklus pertama didapatkan bahwa Pelaksanaan siklus I cukup baik namun masih ada beberapa kekurangan. Hasil keaktifan siswa pada siklus I sebesar 76,38% dan pada hasil belajar siswa yaitu mulanya dari 72,22% sedangkan untuk hasil di siklus kedua didapatkan presentase keaktifan meningkat cukup siginifikan menjadi 82,40% dan hasil belajar mengalami peningkatan menjadi 86,11% serta siswa yang melampui KKM hampir seluruhnya. Secara            keseluruhan setelah diterapkannya pembelajaran ekonomi dengan media pembelajaran Google Classroom dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh.

 

References

Chanifah. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR ONLINE MENGGUNAKAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan.

Daniati, B. I. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model. Jurnal Kependidikan:.

Nugroho, R. (2017). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS 1. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi,.

Prof. Dr. H. M. Rudy Sumiharosno, M. ,. (2017). In S. M. Dedy Ariyanto, Media Pembelajaran (pp. 9-16). Jember: CV Pustaka Abadi.

Mahardika, I. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil belajar Melalui Metode Snowball Throwing pada Pembelajaran IPS siswa kelas IX SMP Negeri 4 Temanggung.

Hadi, S. (2004). Metodologi Reseach Jilid 3. Yogyakarta: Andi

Downloads

Published

2021-07-01 — Updated on 2022-02-02

Versions

Issue

Section

Articles