FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA USAHA UMKM DI BALIKPAPAN PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Deden deden universitas balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v5i2.148

Keywords:

Orientasi kewirausahaan, Inovasi Produk, Teknologi, Kinerja Usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi kinerja usaha UMKM sentra industry tahu dan tempe di Balikpapan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah orientasi kewirausahaan (X1), inovasi produk (X2) dan teknologi (Y) sedangkan variabel terikat yaitu kinerja usaha UMKM (Y). Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif Adapun pengambilan sampel menggunakan Teknik non-probability random sampling yaitu sampel jenuh dimana jumlah anggota sampel merupakan seluruh jumlah populasi yang berjumlah 56 orang pemilik usaha.

Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian didapatkan bahwa secara parsial orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha, Inovasi Produk berpengaruh terhadap Kinerja Usaha dan Teknologi berpengaruh terhadap kinerja usaha. Dan secara simultan orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan teknologi berpengaruh terhadap kinerja usaha.

References

Abdurohim, D. (2021). Pengembangan UMKM : Kebijakan, Strategi, Digital Marketing dan Model Bisnis UMKM. Bandung. Refika.

Anggraini, R., kamalia & Nazrizal. 2022. Factor-faktor yang mempengaruhi kinerja usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di provinsi Riau pada masa Pandemi covid-19. Manajement studies and Entrepreneurship Journal. Vol. 3(6) 2022. Hal 3756-3772.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta

Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya, 9(4), 275-282.

Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan. (2016, Januari 20). Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian. Retrieved Juni 18, 2021, from KIKS Berkembang Dan Makin Produktif: http://disperindagkop.balikpapan.go.id/index.php/web/berita?&load=berita&page=14

Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan. (n.d.). Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian. Retrieved Juni 18, 2021, from Site Plan Kawasan Industri Kecil Somber Kota Balikpapan Kalimantan Timur: http://disperindagkop.balikpapan.go.id/content/57/sentra-industri-kecil-somber

Fatimah, Siti dan Azlina, Nur. 2021. Pengaruh Teknologi Informasi dan Inovasi Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) (Studi pada UKM berbasis Online di Kota Dumai). Jurnal riset akuntansi dan perbankan Vol. 15 No 1 Feb 2021 (444-459)

Made, D. D. (2016). Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Nizar, M. (2018). Pengaruh Sumber Daya Manusia, Permodalan dan Pemasaran Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah Sari Apel di Kecamatan Tutur. Iqtishoduna, 51-69.

Prawirokusumo, S. (2010). Kweirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Sahabudin, Romansyah. 2015. Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam Perspektif Kewirausahaan. Carabaca. Kompleks Griya Semata Permai.

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles